WHAT'S NEW?
Loading...

Bayangan Kerja-Kuliah Saat Sekolah


Bayangan gue dari zaman SMP akan kerja sambil kuliah itu ternyata berbeda 180 derajat. Gue yang masih unyu-unyu ala Justin Bieber itu sering membayangkan apa yang harus gue lakuin setelah selesai sekolah nanti. “Gue bakalan kerja sambil kuliah,” menurut gue saat itu, itu adalah jawaban terbaik yang ada. Saat di mana gue bakalan punya duit banyak, dikelilingi banyak cewek di kampus dan juga masa depan bakalan terjamin. Tapi kenyataannya, kerja sambil kuliah itu capeknya double, di saat seharusnya lagi istirahat karena seharian bekerja, tapi badan gue, gue paksain lagi buat berpikir. Yang ada di kampus gue bakalan nguap-nguap sepanjang jam pelajaran. Apalagi kalau mata kuliah yang isinya angka-angka semua, bisa dibikin muntah angka gue.

Setiap habis pulang kerja juga sering diajak temen buat main futsal, atau sekedar ngopi-ngopi dulu di warung. Di antara teman-teman kerja gue, yang ngelanjutin kuliah cuma gue doang, makanya yang jarang ngumpul ya cuma gue doang. Habis selesai kerja langsung ngampus, habis ngampus langsung balik, karena udah terlalu kecapekan. Kadang sedih sih, di mana masa muda gue dihabisin sama rutinitas yang super sibuk. Gue gak bisa main sama teman-teman, gue gak bisa main game, yang gue bisa cuma kayak jadi robot yang udah diatur sama pemiliknya buat ngelakuin aktifitas yang itu-itu aja. Tapi di sisi lain, gue juga sering mempertanyakan ke diri gue sendiri, “Buat apa sih gue kuliah? mending gue berhenti aja, jadi gue punya banyak waktu luang, gue gak jadi sering kecapekan, duit juga banyak karena nggak kepake bayar kampus, dan lain-lain”. Tapi semua itu berubah ketika gue udah sampai rumah, ada orangtua gue yang sangat mendukung gue untuk sekolah lagi, orangtua yang nggak mau nasib anaknya sama kayak mereka, orangtua yang mau anaknya sekolah sampai perguruan tinggi. Dan semangat gue langsung memuncak lagi. Oh mom, dad, I love u so much..


Selain itu gue juga sadar, kalau kerja sambil kuliah berarti gue lagi ngejalanin dua tugas sekaligus. Ibarat menulis, gue ini lagi menulis buku pakai dua tangan. Dan temen gue yang lain cuma pakai satu tangan. Gue bakalan lebih cepet lulus, gue bakalan jadi sarjana muda. Gue bakal punya pengalaman kerja sekaligus gue bakal punya gelar sarjana. Dibanding mereka, yang hanya dapat pengalaman kerja saja. Di saat mereka tidur, gue udah bangun. Di saat mereka bangun, gue udah lari. Di saat mereka baru lari, gue udah sampai duluan. Sebenarnya masih terlalu cepat buat gue untuk ngomongin hal ini, karena gue aja kuliah masih semester awal. Tapi gakpapa deh, kan lumayan buat motivasi, at least buat diri sendiri. Haha.

Intinya: Kerja sambil kuliah? Nikmati ajalah, jangan ngeluh!!

Ohiya, semalem gue iseng-iseng buka youtube, terus nemu video ini. keren banget. mungkin bisa jadi motivasi buat kita-kita:

0 comments:

Post a Comment